Chery Luncurkan Mobil LEPAS L8, Melihat Potensi Bisnis di Indonesia

Review Mobil – Chery Group kembali menegaskan langkah strategisnya di panggung otomotif global dengan memperkenalkan LEPAS, kendaraan energi baru (NEV) yang memadukan desain elegan, performa modern, dan filosofi hidup penuh warna. Debut internasional LEPAS dimulai di Indonesia lewat ajang GIIAS 2025, menjadi negara pertama tujuan ekspor produk inovatif dari raksasa otomotif Tiongkok tersebut.

Dengan membayar Rp 10 juta, konsumen sudah bisa memesan LEPAS L8 dan menikmati berbagai keuntungan bagi 100 pemilik pertama. Pre-booking ini dilakukan langsung di booth resmi LEPAS di GIIAS 2025, Hall 2G, ICE BSD City, Tangerang.

“Peluncuran perdana LEPAS di Indonesia, menjadi tonggak awal dimulainya strategi ekspansi global. Indonesia kami pilih karena potensinya luar biasa dan peran kuncinya sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara,” ujar Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia, Rifkie Setiawan, Sabtu (26/7/2025).

Chery Group memboyong LEPAS dengan fondasi teknis yang solid dan visi internasional. Kehadiran merek baru ini juga mempertegas komitmen Chery dalam mendukung pengembangan industri otomotif lokal.

Secara tampilan, LEPAS L8 hadir sebagai sport utility vehicle (SUV) bergaya urban yang ditujukan untuk konsumen muda di Indonesia. Mobil ini menggabungkan teknologi canggih dan desain kontemporer, yang diyakini akan menjadi standar baru mobilitas urban masa kini.

LEPAS L8 dijadwalkan mulai dikirim ke konsumen Indonesia mulai Desember 2025, setelah peluncuran resminya pada kuartal keempat tahun ini. Produk ini akan menjadi penentu awal penerimaan pasar terhadap strategi positioning Chery melalui LEPAS.

Potensi bisnis di Indonesia

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pasar mobil di Tanah Air mencapai 1 juta unit pada 2024. Segmen SUV menyumbang lebih 25% penjualan, menjadikan LEPAS L8 memiliki potensi besar untuk merebut ceruk pasar yang terus bertumbuh.

Analis otomotif menilai, langkah Chery memisahkan merek LEPAS dari lini utamanya menjadi strategi cerdik untuk penetrasi pasar baru. Strategi ini serupa dengan yang dilakukan merek global lain, seperti Toyota-Lexus atau Hyundai-Genesis untuk membidik kelas urban premium.

Dengan potensi besar pasar otomotif dan konsumen muda yang semakin melek teknologi, Indonesia sebagai lokasi ideal untuk menguji merek baru, seperti LEPAS. Chery berharap LEPAS bisa tumbuh menjadi pemain signifikan dalam kompetisi mobil pintar berbasis teknologi di Asia Tenggara.

PT Chery Sales Indonesia menyatakan bahwa respons pasar terhadap pre-booking L8 akan menjadi salah satu indikator utama ekspansi model-model LEPAS selanjutnya. Jika sukses, Indonesia bisa saja menjadi basis produksi dan inovasi untuk kawasan regional.

Share:

Author: pangeranbertopeng