Review Mobil – Banyak pengendara mobil saat melewati rel kereta api mengalami mogok di tengah-tengah jalan. Bahkan, sebagian menyebabkan terjadinya kecelakaan antara mobil dan kereta api.
Hal itu sering terjadi pada mereka yang menerobos palang pintu rel kereta yang sudah menutup, atau di perlintasan kereta api yang tidak mempunyai palang pintu.
Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya gangguan mekanis pada kendaraan itu sendiri. Meskipun rel kereta api dirancang untuk menahan beban berat, mobil yang mogok dapat menyebabkan gangguan pada pergerakan kereta. Terutama jika terjadi di jalur yang curam atau berliku. Simak secara lebih dalam kenapa mobil bisa mogok di rel kereta api pada penjelasan di bawah ini.
Mengapa Mobil Bisa Mogok di Rel Kereta Api?
Ketika mobil mogok di rel kereta api, hal ini dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu dan berpotensi membahayakan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil mogok di rel kereta api, mulai dari pengaruh sistem kelistrikan mobil hingga dampak suhu dan cuaca terhadap mobil di rel kereta api. Simak penjelasan masing-masing dari faktor tersebut berikut ini.
Akibat Medan Magnet dari Kabel Penghantar Arus Listrik
Kabel penghantar arus listrik menjadi penyebab pertama mobil mengalami mati mesin saat melewati rel kereta api. Diketahui bahwa rel kereta api mempunyai emisi elektromagnetik.
Selain itu, terdapat kabel penghantar arus yang terpasang di rel kereta api dan tidak kompatibel dengan mesin mobil. Saat ada kereta yang akan melintas dengan jarak sekitar 600 meter, arus listrik yang terdapat di rel kereta akan menghantarkan medan magnet yang tinggi.
Medan magnet tersebutlah yang menjadi penyebab mesin berhenti berputar karena ECU yang menjadi penggerak mobil berhenti bekerja.
Gangguan pada Sistem Transmisi Mobil
Gangguan pada sistem transmisi mobil, seperti kopling yang aus atau transmisi yang slip, juga dapat membuat mobil mogok di rel kereta api. Ketika komponen-komponen transmisi mengalami kerusakan atau keausan, mobil akan kesulitan untuk bergerak. Terutama saat melintasi perlintasan kereta api yang memerlukan percepatan dan deceleration yang cepat.
Putaran Dinamo Mobil Mati
Mobil yang melaju di rel kereta dengan kecepatan rendah dan menggunakan gigi mesin di putaran rendah dapat menyebabkan dinamo serta koil bisa mati.
Dampak Suhu dan Cuaca Terhadap Mobil di Rel Kereta Api
Tidak hanya itu, suhu dan cuaca juga dapat memengaruhi kinerja mobil di rel kereta api. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, serta kondisi cuaca ekstrem seperti hujan deras atau badai petir, dapat menyebabkan mobil mengalami gangguan dan akhirnya mogok di tengah perlintasan kereta api.