Review Mobil – Jalan menanjak yang curam sering jadi hal yang bikin pengemudi mobil matic ketar-ketir. Mobil matic memang banyak jadi incaran. Selain nggak ribet, mobil matic juga diincar karena kemudahannya yang tinggal injak gas saja.
Mungkin untuk para pengemudi mobil manual, mengendalikan mobil ketika berada di tanjakan hanya tinggal menyeimbangkan antara gas dan kopling supaya mobil tidak merosot serta mencegah mobil mati.
Berbeda dengan mobil matic, cara yang dilakukan pertama kali adalah jangan panik. Ini modal penting karena panik akan membuat semua menjadi sulit. Setelah mampu menenangkan diri, cara untuk mengendalikan mobil matic di tanjakan yaitu dengan memindahkan gigi dari ‘D’ (drive) ke gigi rendah atau ‘L’.
Cara Mengoperasikan Gigi pada Mobil Matic saat di Tanjakan
Sebetulnya terdapat beberapa cara untuk melewati tanjakan saat menggunakan mobil matic. Sebelum berpergian dengan mobil tentunya yang paling dasar adalah mengenali mobil secara luar dan dalam, hal ini untuk mempermudah pengemudi mengetahui seluk-beluk mobil.
1. Pindahkan gigi D ke L
Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, cara agar mobil matic bisa melewati tanjakan adalah dengan memindahkan transmisi dari D ke L. Dengan perpindahan ke gigi L mesin akan menghasilkan torsi yang lebih besar sehingga mobil akan kuat menanjak.
2. Injak Gas Sesuai Kebutuhan
Pada momen ini kamu jangan sungkan untuk menginjak gas dalam-dalam, sesuaikan dengan tanjakan yang dihadapi. Jika dirasa tanjakan curam dan panjang, maka injak gas pun jangan ragu-ragu.
Dengan mengambil ancang-ancang terlebih dahulu mobil akan memiliki momentum untuk mengumpulkan tenaga guna melewati tanjakan yang curam.
3. Jangan injak rem saat pindah gigi
Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengendara mobil matic adalah memindahkan gigi sampil menginjak pedal rem. Hal ini merupakan cara yang salah, saat memindahkan gigi kamu hanya perlu melepas pedal gas saja tanpa perlu menginjak pedal rem.
Yang terpenting yakni pindahkan gigi secara bertahap jangan lakukan dengan sekaligus. Apabila transmisi sebelumnya berada di posisi ‘D’, yang perlu dilakukan adalah memindahkannya ke gigi ‘2’ sebelum masuk ke gigi ‘L’ untuk melewati tanjakan curam.
Selamat Mencoba 🙂