Mobil MPV Muat 11 Orang, Inilah Spesifikasi Mobil KIA Grand Carnival

Review Mobil РPada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan awal bulan November 2021, PT Kreta Indo Artha (KIA) yang baru pertama kali mengikuti pameran otomotif GIIAS pun akhirnya merilis mobil MPV terbaru mereka yakni KIA Grand Carnival.

Mobil MPV KIA Grand Carnival sendiri dibuat untuk menggantikan mobil MPV buatan KIA generasi sebelumnya yakni KIA Grand Sedona. Mobil MPV dengan ukuran besar ini menjadi salah satu mobil yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena mobil ini memiliki kapasitas yang sangat luas yakni bisa menampung penumpang sebanyak 11 orang. Harga mobil KIA Grand Carnival sendiri berbeda di setiap tipenya. Tipe Dynamic dibanderol dengan harga Rp786 jutaan, sedangkan tipe termahal yakni tipe Premiere dijual seharga Rp886 jutaan.

 

Mesin Mobil KIA Grand Carnival

Mobil KIA Grand Carnival menggunakan mesin Smartstream Diesel Engine berkapasitas 2.151 cc, 4 silinder, CRDi, DOHC, 16 Valve. Dengan penggunaan mesin ini, mobil MPV KIA Grand Carnival dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 199 hp pada percepatan 3.800 rpm. Selain itu, mobil ini juga dapat menghasilkan torsi maksimal sebesar 441 Nm pada percepatan 1.750 sampai 2.750 rpm. Mobil ini sendiri menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan dalam menggerakan roda depannya.

 

Tampilan Eksterior Mobil KIA Grand Carnival

Mobil yang mampu menampung 11 orang penumpang juga tentunya membutuhkan body mobil yang cukup besar. Dimensi dari mobil KIA Grand Carnival sendiri memiliki panjang 5.155 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.775 mm. Meskipun memiliki badan mobil yang cukup bongsor, hal tersebut tidak menjadi halangan untuk mobil KIA Grand Carnival memiliki tampilan yang elegan, mewah, dan modern. Bahkan mobil ini menjadi salah satu mobil primadona saat pameran otomotif GIIAS 2021 berlangsung.

Kesan mewah dan modern pertama kali terpancar pada bagian depan grille mobil yang sudah menggunakan model honeycomb dengan balutan warna krom silver. Selain itu, tampilan depan juga dilengkapi dengan lampu utama dual LED Projector & bi-function untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara saat malam hari.

Pada bagian samping mobil terlihat aerodinamis karena memiliki lekukan horizontal lurus tepat di bagian bawah pintu mobil. Selain itu, bagian samping mobil KIA Grand Carnival juga dipercantik dengan penggunaan velg ukuran 18 inci dengan ban berukuran 235/60.

Untuk pintu mobil, KIA Grand Carnival sendiri menggunakan pintu sliding sehingga menambah kesan mewah pada mobil ini. Pintu mobil pada bagian samping dan belakang juga sudah disematkan teknologi terbaru sehingga bisa menutup dengan otomatis jika pemiliki sedang berjalan menjauh dari mobil. Pintu-pintu mobil KIA Grand Carnival juga bisa diatur menggunakan remote, sehingga saat menutup pintu akan lebih praktis dan pintu akan terawat karena akan jarang ditutup dengan keras/dibanting.

 

Tampilan Interior Mobil KIA Grand Carnival

Tampilan interior mobil KIA Grand Carnival cukup nyaman dan modern untuk ditumpangi 11 orang penumpang. Berbeda dengan mobil tipe dynamic yang memiliki headunit berukuran kecil yakni hanya berukuran 8 inci saja, head unit mobil KIA Grand Carnival yang disematkan pada dashboard mobil memiliki ukuran 12,3 inci untuk tipe premiere.

Head unit pada kedua tipe mobil KIA Grand Carnival bisa digunakan sebagai fitur hiburan untuk memutar musik dari smartphone anda menggunakan koneksi bluetooth ataupun kabel aux. Selain itu, mobil KIA Grand Carnival memiliki kualitas audio yang sangat baik karena menggunakan 6 speaker merk Bose, hal ini tentunya akan menunjang kenyamanan dalam berkendara bagi anda yang suka mendengarkan musik di mobil.

Selain itu, mobil KIA Grand Carnival semakin terlihat modern karena mobil ini memiliki wide dual sunroof pada bagian atap mobil. Sunroof pertama memiliki ukuran yang kecil dan disematkan tepat diatas jok mobil bagian depan, sedangkan untuk sunroof berukuran besar disematkan tepat diatas jok mobil baris kedua dan ketiga. Jok mobil KIA Grand Sedona sendiri terbagi atas empat baris tempat duduk, hanya saja untuk jok mobil baris keempat lebih disarankan untuk digunakan pada anak-anak karena memiliki legroom dan headroom yang lebih sempit dibandingkan dengan jok mobil baris kedua dan ketiga.

 

Share:

Author: pangeranbertopeng