Review Mobil – Formula 1, atau F1, adalah sebuah nama yang melambangkan kecepatan, teknologi canggih, dan kompetisi sengit dalam dunia balap mobil. Dalam perjalanan panjangnya, F1 telah mengalami berbagai tahap perkembangan yang membentuk wajahnya yang modern saat ini. Mari kita eksplorasi bagaimana F1 lahir, berkembang, dan mengalami perubahan penting sepanjang sejarahnya.
Sejarah Ajang Balap F1
Dimulai pada tahun 1950, perlombaan Juara Dunia pertama diadakan di Silverstone di Inggris. Pada saat itu, Formula One dipenuhi para pembalap legendaris yang telah meninggalkan jejaknya di olahraga ini.
Dari Juan Manuel Fangio, Jim Clark, hingga Ayrton Senna dan Michael Schumacher, para pembalap F1 ini telah menjadi ikon di dunia balap.
Sedangkan pada saat ini, para juara terkini seperti Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, Max Verstappen, dan Fernando Alonso terus berupaya menjadi yang terbaik di lintasan. Dan mengukuhkan tempat dalam sejarah Formula One sebagai pembalap terhebat sepanjang masa.
Itulah sejarah singkat mengenai awal mula F1. Untuk lebih mengenal ajang balapan mobil bergengsi ini, maka Anda perlu menengok pada tahun-tahun jauh sebelumnya untuk mengetahui akar sejarah balapan ini.
Balapan Pertama
Para pengemudi mengadakan balapan mobil pertama di Amerika pada tahun 1895, berlangsung di antara Chicago dan Evanston, Illinois. Balapan pertama melibatkan perlombaan dari satu kota ke kota berikutnya. Kadang-kadang termasuk leg kedua yang ditambahkan dalam beberapa perlombaan.
Balapan pertama yang diadakan di sirkuit tertutup ini terjadi pada tahun 1898 di Course de Périgueux. Jarak satu putaran adalah 90 mil atau 145 km.
Awal Mula Hadirnya Balapan F1
Awal balapan F1 diperkirakan dimulai dari balapan jalan sepanjang 1.200 kilometer dari Paris ke Bordeaux dan kembali lagi yang dimulai pada tahun 1895. Balapan ini dimenangkan oleh Émile Levassor dengan Panhard et Levassor-nya dalam waktu 48 jam.
Kecepatan rata-rata balapan saat itu hanya 29,9 mph saja. Balapan juga dilakukan dengan pengemudi yang ditemani oleh mekanik. Berbeda dengan zaman sekarang, mekanik hanya ditempatkan di pit stop saja.
Balapan Pertama Grand Prix Prancis
Diselenggarakan pada tahun 1901 di Le Mans, balapan pertama Grand Prix Prancis yang dimenangkan oleh Ferencz Szisz. Dengan mobil buatan Renault dengan jarak balapan sejauh 700 mil dan mencatatkan kecepatan 63,0 mph.
Setelahnya, balapan tersebut terus berevolusi hingga akhirnya diadakan Grand Prix de l’Automobile Club de France pada tahun 1906.
Pada masa itu, atas dorongan industri mobil Prancis, balapan pun akhirnya berhasil dilaksanakan meskipun harus mengalami sejumlah masalah yang cukup berat dan berbeda dengan balapan Formula One saat sekarang.
Pada tahun 1908 dalam ajang Grand Prix Prancis, pemenang balapan, Christian Lauteschalnger dari tim Mercedes merobek 10 ban dalam ajang balapan tersebut.
Masa Depan Formula One
Mengikuti perkembangan Formula One yang terus berkembang dan berubah, sudah dipersiapkan sebuah rencana. Perombakan besar-besaran pada olahraga balapan ini di musim 2026, baik di dalam maupun di luar lintasan.
Salah satu perubahan paling signifikan yang akan terjadi pada tahun 2026 adalah pengenalan peraturan mesin baru, dengan fokus pada keberlanjutan dan teknologi ramah lingkungan.
Unit tenaga hibrida yang ada saat ini diganti dengan mesin baru yang menggunakan bahan bakar berkelanjutan, seperti biofuel atau hidrogen, untuk menggerakkan mobil. Perubahan ini dilakukan sebagai upaya berkelanjutan untuk mengurangi jejak karbon.
Selain regulasi mesin baru, beberapa perubahan lain akan dilakukan, salah satunya pengenalan sasis standar yang akan digunakan oleh semua tim. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya pengembangan dan menyamakan kedudukan. Selain itu juga memastikan bahwa tim yang lebih kecil dapat bersaing secara setara dengan tim yang lebih besar.
Pada 2026, perubahan besar lainnya adalah memperkenalkan format balapan baru, dengan fokus pada balapan yang lebih pendek dan lebih intens. Hal ini dirancang untuk membuat balapan lebih menarik bagi para penggemar dan untuk menciptakan lingkungan trek yang lebih dinamis dan tidak dapat diprediksi.
Format baru ini juga akan memungkinkan lebih banyak balapan diadakan sepanjang musim, dengan mempertimbangkan hingga 25 balapan per tahun.