Review Mobil – Kawasaki Ninja ZX-25R telah menjadi salah satu motor sport paling mencuri perhatian di kelas 250 cc, khususnya sejak peluncuran model terbarunya. Ditenagai mesin 4-silinder segaris berkapasitas 249.8 cc, motor ini bukan sekadar tampil agresif, tetapi juga menawarkan performa tinggi yang sebelumnya jarang ditemui di kelasnya.
Dengan konfigurasi DOHC dan teknologi seperti quick shifter serta traction control, Ninja ZX-25R menjadi pilihan unggulan. Terlebih bagi pengendara yang mendambakan sensasi berkendara layaknya supersport namun tetap ideal untuk penggunaan harian.
Berikut ini review detail terkait Kawasaki Ninja ZX 25R di tahun 2025:
Mengenal Mesin ZX25R di Kelas 250cc
Kawasaki Ninja ZX-25R hadir sebagai pionir di kelas 250 cc dengan mesin 4-silinder segaris yang belum pernah ditawarkan kompetitor lain dalam segmen ini. Berbekal kapasitas mesin 249.8 cc dengan konfigurasi DOHC dan 16 katup, motor ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 51 PS pada putaran tinggi, menjadikannya salah satu motor sport paling bertenaga di kelasnya.
Mesin in-line 4 milik Ninja ZX-25R memiliki keunikan tersendiri di kelas 250 cc. Konfigurasi 4-silinder segaris DOHC memberikan keunggulan dalam hal putaran mesin tinggi, yang mampu mencapai redline lebih dari 17.000 rpm.
Teknologi modern seperti quick shifter, traction control, dan throttle control merupakan keunggulan ninja ZX-25R. Dengan memiliki fitur-fitur premium yang sebelumnya hanya ditemukan di motor seperti Ninja ZX-10R. Ukuran fisik motor yang cukup kompak, dengan tinggi jok 785 mm, panjang 1980 mm, dan lebar 750 mm, menjadikannya tetap ideal untuk dikendarai di jalan raya meski performanya mendekati motor balap.
Desain
Kawasaki Ninja ZX-25R 2025 mempertahankan DNA desain supersport khas Ninja dengan sentuhan penyegaran yang membuatnya semakin menawan. Siluetnya yang tajam dan aerodinamis tetap menjadi daya tarik utama, dengan dual headlamp LED yang meruncing, sehingga memberikan kesan agresif
Pembaruan pada model 2025 mencakup grafis baru bertema “Screaming In-Line 4 Power” yang menonjolkan aura supersport, dengan warna Metallic Spark Black di varian 2025 Ninja ZX-25R
Bobot 180 kg (183 kg untuk ZX-25RR) terasa seimbang, meski beberapa pengendara mencatat bahwa motor ini bukanlah yang teringan di kelasnya.
Fitur dan Sistem Keamanan
1. Assist and Slipper Clutch
Assist and Slipper Clutch adalah sistem kopling yang dirancang untuk meningkatkan kenyaman dan keselamatan berkendara Anda. Fitur “assist” mengurangi tekanan yang diperlukan untuk menarik tuas kopling, sehingga perpindahan gigi terasa lebih ringan dan tidak melelahkan.
Fitur “slipper” mencegah roda belakang terkunci saat pengendara melakukan penurunan gigi secara agresif (downshift) pada kecepatan tinggi, seperti saat memasuki tikungan di sirkuit.
2. Economical Riding Indicator
Economical Riding Indicator adalah fitur yang membantu Anda untuk memantau efisiensi bahan bakar melalui indikator pada panel instrumen. Fitur ini dirancang untuk membantu menghemat bahan bakar terutama dalam penggunaan harian.
3. Electronic Throttle Valves
Electronic Throttle Valves (ETV) atau katup throttle elektronik menggantikan sistem throttle mekanis tradisional dengan kontrol elektronik. Sistem ini menggunakan sensor untuk mendeteksi input gas dari pengendara yang kemudian mengatur bukaan katup throttle melalui ECU (Engine Control Unit). Hal itu untuk mengoptimalkan campuran udara dan bahan bakar.
4. KTRC (Kawasaki Traction Control)
Kawasaki Traction Control (KTRC) adalah sistem kontrol traksi yang memantau kecepatan roda depan dan belakang untuk mencegah roda belakang kehilangan traksi, terutama saat berjalan di permukaan licin atau saat keluar dari tikungan.
5. Power Modes
Power Modes memungkinkan pengendara memilih karakter pengiriman tenaga mesin sesuai kebutuhan. Pada Ninja ZX-25R 2025, tersedia beberapa mode, seperti Full dan Low.
6. Smartphone Connectivity
Fitur Smartphone Connectivity memungkinkan pengendara menghubungkan ponsel mereka ke motor melalui aplikasi Rideology The App via koneksi Bluetooth.
Fitur ini terintegrasi dengan panel instrumen TFT full-digital, menampilkan informasi seperti notifikasi panggilan, pesan, jadwal perawatan, konsumsi bahan bakar, rute GPS, dan data berkendara seperti sudut kemiringan motor.
Kelebihan Mesin ZX-25R
-
- Mesin 4-silinder segaris kapasitas 249.8 cc: dengan performa tinggi dan suara khas seperti motor besar.
- Redline tinggi (lebih dari 17.000 rpm): memberikan sensasi berkendara yang mendebarkan.
- Fitur lengkap: seperti quick shifter, traction control, dan riding mode yang biasanya hanya ditemukan di motor kelas 600 cc ke atas.
- Tampilan agresif dan modern: dengan layar TFT digital dan pencahayaan LED penuh.
- Cocok untuk pengguna yang ingin tampil menonjol dan merasakan sensasi supersport dalam kemasan 250 cc.
Perbandingan Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R dengan Yamaha R25
Secara teknis, Kawasaki Ninja ZX-25R unggul dari Yamaha R25 dalam hal konfigurasi dan performa mesin. ZX-25R menggunakan mesin 4-silinder segaris 249.8 cc DOHC, sementara R25 hanya dibekali mesin 2-silinder segaris 250 cc DOHC. Perbedaan jumlah silinder ini memberi dampak besar, terutama pada karakter tenaga dan putaran mesin.
ZX-25R mampu menghasilkan tenaga hingga 51 PS dengan redline mencapai lebih dari 17.000 rpm. Sedangkan R25 menghasilkan tenaga sekitar 35.5 PS dengan redline di kisaran 12.000 rpm. Ini membuat ZX-25R lebih unggul dalam hal akselerasi atas (high RPM), suara mesin yang lebih padat, serta sensasi berkendara ala motor supersport.
Namun, dari sisi efisiensi dan kenyamanan berkendara harian, R25 bisa terasa lebih “jinak” karena torsi bawahnya lebih mudah dirasakan di kecepatan rendah. Jadi, jika menginginkan performa dan teknologi yang lebih ekstrem, ZX-25R adalah pilihan terdepan.
Sebaliknya, R25 lebih cocok bagi pengendara yang mencari motor sport 250 cc dengan karakter mesin yang halus dan praktis untuk harian.



