Tahun 2024, Wuling Siap Memakai Baterai Buatan Lokal

Review Mobil – Kabar terbaru dari Wuling Motors Indonesia telah mengumumkan mulai tahun depan mereka akan memakai baterai buatan lokal. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pemasaran Wuling Motors Indonesia yaitu Dian Asmahani.

Dia mengaku, pihaknya telah menjalin kemitraan dengan perusahaan lokal untuk memproduksi baterai di dalam negeri.

“Saat ini sedang dalam proses lokalisasi, karena kita kerja sama dengan Gotion dan Gotion itu nanti akan memproduksi lokal dan kita akan proses ke sana,” jelasnya belum lama ini.

Wuling bersama Gotion Hi-Tech

Dikabarkan, kemitraan Wuling dan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-tech) telah diumumkan sejak beberapa bulan lalu. Gotion sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan baterai Lithium Iron Phospate atau Lithium Ferro Phospate (LFP).

Dian memastikan, Wuling merupakan pabrikan yang bersungguh-sungguh menyongsong era elektrifikasi di Indonesia. Oleh karena itu, mereka tak hanya memikirkan penjualan saja, melainkan juga pengembangan komponen secara lokal.

“Dan itu sebenarnya memang komitmen kita buat industri EV ini, kita komit bukan cuma untuk produksi manufaktur di pabrik saja, tapi kita komit pengembangan ekosistemnya dari hulu ke hilir,” jelasnya.

Kemudian, upaya lokalisasi baterai mobil listrik tersebut sudah sejalan dengan roadmap pemerintah. Hal itu yang tertuang pada aturan Pemenperin No.6/2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Wuling dipastikan sesuai dengan TKDN (kandungan lokal) mobil listrik yang sudah dicanangkan pemerintah. Apabila tahun ini batas minimalnya 40 persen, maka tahun-tahun berikutnya sudah pasti lebih besar.

“Intinya kalau kita ngomongin EV itu ada roadmap dari pemerintah untuk EV yang diproduksi di sini minimum TKDN-nya berapa. Kalau yang roadmap tahun ini sama tahun lalu itu minimal 40 persen dan kita udah capai 40,3 persen,” sambungnya.

“Nah disarankan atau dihimbau kalau tidak salah di tahun 2024 itu meningkat lagi TKDN-nya dan mungkin salah satu strategi kita ya kerja sama dengan Gotion untuk lokalisasi baterai mobil listrik,” imbuhnya.

Share:

Author: pangeranbertopeng