Tampilan Baru Toyota All-New Agya, Lebih Sporty Dan Safety

Review mobil – Baru – baru ini Toyota telah merilis Agya GR Sport yang menjadi pesaing di segmen  serupa dengan Brio RS. Dikabarkan Honda Brio selalu menjadi mobil terlaris sekarang ini. Salah satu kunci kesuksesan menghadirkan line up hatchback Brio RS yang berada di luar segmen low cost green car (LCGC).

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menjelaskan All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memiliki perannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen yang cukup berbeda.

“Pengembangan Agya difokuskan untuk memperkuat basic value sebuah model di segmen entry,” ujar Anton dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4/2023).

Sementara khusus Agya GR Sport, Toyota menambahkan value berupa special tuning. Hal itu membuat lebih fun to drive untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty. Kedua hatchback ini menjanjikan total package yang lebih baik dan menawarkan perfect value for money untuk sebuah exciting city car.

Kapasitas mesin tambah besar namun tetap irit

All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memanfaatkan platform baru yang memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru. Keduanya mengadopsi new engine 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Improvement di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik, sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-ratanya lebih dari 21 km/liter.

Selain itu, performa hatchback ini diperkuat oleh transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio dan mampu menghasilkan akselerasi lebih cepat serta linear. Lalu transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control. Dengan tujuan agar bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.

Pengembangan desain eksterior Agya lebih sporty

Terdapat dua tipe yaitu tipe E dan tipe G, gaya desain eksterior Agya dikembangkan untuk menciptakan image yang sporty, powerful, dan agresif. Kelebihan dari desain baru membuat Agya memiliki performa aerodinamika yang lebih baik. Selain itu, coefficient of drag 3% lebih rendah menjadikan lebih stabil dan lincah dalam pemakaian.

Bagian depan terlihat agresif berkat desain bumper yang tajam dan volume yang padat serta lebar sehingga menciptakan postur tubuh yang kuat. Kesan agresif diperkuat oleh desain LED headlamp yang tajam dan vertical LED illumination lamp. Kemudian All-front LED Lamp memperkuat kesan dinamis dan modern sekaligus canggih dengan adanya fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off.

Dari samping, desain All-New Agya terlihat powerful karena memakai wheel arches yang besar dan kokoh. Entry Hatchback ini juga terlihat lebih aerodinamis dan powerful berkat postur tubuh lebih panjang, lebih rendah, dan lebih lebar.

Selain itu juga diperkuat oleh lekukan kokoh pada pintu samping yang mengalir dinamis ke belakang. Kabarnya Agya tipe E menggunakan velg steel 14 inch, sementara tipe G sudah memakai velg alloy 14 inch.

Penggunaan platform baru memberikan ruang kepada engineer Toyota untuk meningkatkan kenyamanan kabin. Konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi.

Sebagai exciting car yang memiliki value sesuai dengan trend dan lifestyle pelanggan saat ini, Agya dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru Toyota. Audio dengan Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe, sementara Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button tersedia di tipe G.

Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Peningkatan fitur safety

Fitur safety Agya ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen chassis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Dengan sejumlah teknologi baru yang disematkan di All-New Agya dan All-New Agya GR Sport, dibandrol harga berapa ya?? Sementara ini harga untuk Agya mulai dari Rp 167 hingga 191 jutaan. Sedangkan Agya GR Sport mulai dari Rp 240 hingga 256 jutaan on the road DKI Jakarta.

Share:

Author: pangeranbertopeng