Toyota

Toyota Harrier Generasi Keempat Meluncur Juni 2020

Reviewmobil.web.id – Toyota secara resmi telah mengumumkan akan meluncurkan generasi keempat dari Toyota Harrier pada bulan Juni 2020 mendatang. Generasi terbaru dari Toyota Harrier ini muncul menggunakan platform baru Toyota New Architecture (TNGA) di Jepang. Sport Utility Vehicle (SUV) ini pertama kali muncul pada tahun 1997 dan kembali dengan perubahan total.

Nantinya, cukup banyak perubahan dari Toyota Harrier 2020. Untuk designnya disebut terinspirasi dari Toyota RAV4. Generasi keempat Toyota Harrier itu akan tampil semakin mewah, modern dan sporty.

DIMENSI TOYOTA HARRIER

Toyota Global mengungkapkan bahwa Toyota Harrier ini dibuat sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya. Toyota Harrier generasi keempat ini memiliki panjang 4.740 mm, lebar 1.855mm dan tinggi 1.660 mm dengan wheelbase 2.690mm.

Mempunyai kapasitas lima tempat duduk, Harrier mendapat suspensi depan MacPherson Strut dan tata letak double – wishbone di belakang. Sistem pengeremannya mengandalkan cakram berventilasi di bagian depan dan terdapat cakram padat di bagian belakang. Pada kedua opsi powertrain, terdapat roda berukuran 19 inchi yang dikelilingi ban 225/55R19.

Platform baru TNGA memungkinkan all new Toyota Harrier ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Mesin pertama berkapasitas 2.487 cc berkode A25A-FXS 4-silinder berteknologi hybrid dan sanggup menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 221 Nm.

Untuk pilihan kedua, yaitu mesin M20A-FKS 4-silinder 1.986 cc N/A dengan tenaga 171 PS dan torsi 207 Nm. Kedua mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT, serta pilihan sistem penggerak 4WD.

KEAMANAN

Toyota Harrier juga hadir dengan sitem keamanan modern. Ada fitur baru yang dipasangkan Toyota yaitu Active Cornering Assist (ACA). Fitur ini akan membantu pengereman dimana akan mengurangi understeer ketika melakukan tikungan. Tidak ketinggalan juga Intelligent Clearance Sonar dengan Parking Support Brakes yang akan membantu mobil mengenali obyek yang melaju di kecepatan rendah. Fitur ini akan berguna saat harrier melakukan parkir. lalu ada pre-collisiom safety system yang akan mendeteksi pejalan kaki baik siang maupun malam begitu pula dengan pengguna sepeda.

BAGIAN INTERIOR

Pada bagian interior, tersedia layar infotainment dengan layar sentuh yang berukuran 12,3 inci dan sistem navigasi T-Connect SD. Perangkat ini memiliki Smart Device Link serta sukungan untuk Apple CarPlay dan Android Auto. Fasilitas ini akan memanjakan penumpang dengan fitur canggih dan hiburan dengan suara yang baik dari 9 speaker JBL.

Toyota juga pertama kalinya memasang panoramik roof yang dapat dioperasikan secara elektik. Pada Harrier versi Hybrid, Toyota Harrier juga memiliki stopkontak 1.500 watt 100 V (AC) yang dapat dipakai untuk kebutuhan listrik rumah tangga, sekaligus pembangkit listrik darurat saat mati listrik.

Namun belum ada informasi lebih lanjut mengenai berapa harga yang dibanderolkan Toyota pada model ini