Tips Mobil

4 Penyebab Mobil Terbakar Yang Harus Kita Waspadai

Review Mobil – Kejadian mobil terbakar adalah kejadian yang langka, tapi tidak berarti tidak mungkin terjadi. Hal ini akan terjadi jika kita tidak rutin mengecek keadaan kendaraan pribadi kita.

Kita harus tahu apa-apa saja yang menyebabkan mobil terbakar. Dilansir dari How Stuff Works, ada beberapa penyebab umum, mengapa mobil bisa terbakar dengan sendirinya. Penyebab tersebut antara lain :

1. Kebocoran Sistem Bahan Bakar

Penyebab paling umum kebakaran kepada kendaraan adalah adanya kobocoran sistem bahan bakar. Keadaan bensin pada suhu hanya 7,2 derajat celcius atau lebih dapat dengan cepat terbakar oleh percikan sederhana.
Jadi, jika anda mencium bau gas di dalam atau sekitar mobil anda, itu pertanda bahwa kemungkinan ada kebocoran.

2. Korsleting Listrik

Ledakan gas hidrogen disebabkan oleh sitem kelistrikan mobil yang bermasalah, dimana ledakan tersebut akan menumpuk di ruang mesin. Bersama dengan adanya arus listrik, hal tersebut dapat memicu percikan api.

3. Mesin Terlalu Panas (Overheating)

Selanjutnya, mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan mobil terbakar. Secara umum mesin yang terlalu panas membutuhkan perhatian mekanis. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya segel bocor, radiator tidak berfungsi dengan baik, dan hal-hal lainnya.

Jika anda tidak ingin mobil anda terbakar dengan sendirinya, pastikan mobil Anda aman dari risiko-risiko kebocoran sistem bahan bakar, korsleting listrik, atau overheating untuk mengantisipasi dari kemungkinan risiko kebakaran.

4. Menyimpan Barang yang Mudah Terbakar

Jangan menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang-barang seperti bensin, tinner, parfum cair, atau korek api gas rentan terbakar jika disimpan di dalam kabin.

Apalagi jika mobil itu diparkir di ruang terbuka dalam waktu lama, karena barang-barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.