Toyota

Review Toyota Urban Cruiser

Review Mobil – Toyota dan Suzuki melakoni kerja sama dengan menghadirkan pertukaran produk antar kedua pabrikan asal Jepang itu. Karena di India Suzuki sangat kuat, Toyota berharap bisa bersaing di negara itu dengan menggandeng Suzuki.

Toyota meluncurkan mobil bernama Toyota Urban Cruiser di pasar otomotif India. Toyota Urban Cruiser  ini merupakan kembaran Suzuki Vitara Brezza.

Toyota Urban Cruiser adalah model kedua Toyota yang mengambil basis mobil Suzuki. Sebelumnya, tahun lalu diluncurkan Toyota Glanza, mobil hatchback hasil rebadge Suzuki Baleno di India.

Urban Cruiser, terlihat sangat identik dengan Suzuki Vitara Brezza. Namun, Urban Cruiser menampilkan wajah yang berbeda.
Toyota Urban Cruiser

Perbedaan dari Suzuki Vitara Brezza antara lain grille depan yang lebih besar dengan bilah ganda dan bagian lampu kabut berbentuk trapesium yang lebih menonjol.

Lalu bagian bawah mobil yang lebih gelap menciptakan aliran yang jelas menuju bodi samping. Terdapat semacam skid plate berwarna silver yang mencerminkan ketangguhan ala mobil SUV.

Toyota Urban Cruiser dibekali dengan pelek 16 inci. Lampu utama LED sama dengan Suzuki Vitara Brezza.

Di bagian dalam, terdapat fitur-fitur seperti keyless engine start, AC otomatis, cruise control, kaca spion elektrik dan head unit layar sentuh dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay.

Tidak hanya itu, terdapat mesin bensin empat silinder 1.5 liter K-series pada bagian kapnya, yang merupakan unit K15B seperti digunakan di Brezza. Toyota belum memberikan spesifikasi rinci, namun mesin di model Suzuki Brezza memiliki tenaga maksimal hingga 103 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.

Toyota Urban Cruiser yang dilengkapi dengan transmisi otomatis empat percepatan, dan didukung oleh sistem hybrid ringan. Sistem itu terdiri dari generator starter dan baterai lithium-ion.. Sistem hybrid ringan diklaim membantu penambahan torsi, pengereman regeneratif dan idle start-stop.

Pilihan transmisi lainnya adalah manual lima percepatan. Tapi, Urban Cruiser versi manual tidak dibekali teknologi hybrid ringan.

Toyota belum merilis harga resmi dari Urban Cruiser ini. Namun, pelanggan di India bisa memesan dengan biaya pemesanan 11.000 rupee (Rp 2 jutaan).