Rilis Besok di Indonesia, Inilah Prediksi Harga Mobil Listrik Pertama Dari Toyota

Review Mobil – PT Toyota Astra Motor (TAM) siap merilis mobil listrik pertamanya di Indonesia, yakni mobil Toyota bZ4X, besok pada hari Kamis, 10 November 2022. Mobil listrik Toyota ini sendiri juga menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang ikut serta dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Namun meskipun akan dirilis besok, Toyota sampai saat ini belum memberikan bocoran mengenai harga jual dari mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia. Di Jepang sendiri, mobil listrik ini dibanderol dengan harga 6 juta yen atau sekitar Rp 639 juta untuk tipe Front Wheel Drive (FWD), danĀ  6,5 juta yen atau sekitar Rp 692 juta untuk tipe All Wheel Drive (AWD).

“Harganya belum kami putuskan, masih diskusi. Ini (bZ4X) segmennya berbeda dengan Lexus yang lebih premium,” ucap Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy, dikutip dari Tempo.co.id, Rabu (9/11/2022).

Harga mobil Toyota bZ4X di Indonesia sendiri diperkirakan akan lebih mahal dari Jepang, bisa dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 700 jutaan namun dibawah Rp 1 Miliar. Kenaikan harga ini sendiri disebabkan karena harga jual mobil baru di Indonesia harus diakumulasikan dengan NJKB serta ditambah dengan PPn, BBNKB, hingga PPnBM. Selain itu sebagai acuan, kompetitor mobil listrik dengan kelas yang sama, seperti contohnya Hyundai Ioniq 5 dibanderol dengan harga Rp 748 juta hingga Rp 859 juta di pasar otomotif Indonesia.

Mobil listrik pertama dari Toyota ini merupakan SUV mid-size dengan nuansa eksterior yang tidak hanya terlihat modern, tetapi juga futuristik dan canggih. Interior mobil Toyota bZ4X sendiri terlihat mewah dengan nuansa warna hitam, dan memiliki dua pilihan model kemudi yakni setir kemudi konvensional dan setir kemudi berbentuk sayap dengan sistem steer-by-wire.

Selain itu, mobil listrik Toyota bZ4X juga memiliki spesifikasi yang tak kalah menarik karena memiliki baterai Lithium-ion 71,4 kWh yang bisa fast-charging sampai 80 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Dalam sekali pengecasan daya baterai, mobil bZ4X Front Wheel Drive (FWD) diklaim mampu menempuh jarak sejauh 500 km. Sedangkan untuk tipe All Wheel Drive (AWD) diklaim bisa menempuh jarak sejauh 460 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Untuk tipe Front Wheel Drive (FWD) sendiri dikabarkan akan menggunakan motor tunggal 150 kW yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 204 hp dengan torsi puncak sebesar 265 Nm. Sedangkan untuk tipe All Wheel Drive (AWD) dikabarkan akan dilengkapi dengan motor 80 kW yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 hp dengan torsi puncak 336 Nm.

 

 

Sumber : https://otomotif.tempo.co/read/1653551/segini-perkiraan-harga-mobil-listrik-toyota-bz4x-yang-dirilis-pekan-depan

Share:

Author: pangeranbertopeng