Inilah Bocoran SUV Listrik Toyota Berbasis E-TNGA

Review Mobil –¬†Toyota yang terkenal dengan mobil hybrid dan plug-in hybridnya, kini akan melebarkan sayapnya dengan memproduksi BEV (Battery Electric Vehicle). Kabar mengenai mobil listrik terbaru Toyota sebuah SUV berbasis platform e- TNGA sedikit demi sedikit mulai terkuak.

Melansir info dari Auto Express, profil mobil ini kurang lebih sama dengan sketsa sebuah SUV yang sudah dirilis Toyota pada awal 2020.

Bocoran wujud SUV Toyota dengan platform e-TNGA.

Untuk sisi dimensi, mobil ini memiliki ukuran yang hampir sama  dengan Toyota RAV4, walaupun jarak sumbu rodanya pasti lebih panjang, dengan overhang depan dan belakang yang lebih pendek.

Mobil yang nantinya akan meluncur pada 2021 ini ternyata merupakan sebuah produk kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Dimana ada kemiripan antara garis desain antara gambar digital yang didapat Auto Express dengan rilis sketsa yang dikeluarkan Subaru beberapa waktu yang lalu.

Hingga saat ini, belum ada kabar mengenai nama yang akan diberikan untuk SUV baru ini. Namun , dikabarkan bahwa Toyota telah mendaftarkan sebuah merek dagang berdasarkan seri BZ, mulai dari BZ1 hingga BZ5.

Dalam pengembangan SUV listrik terbarunya, Toyota kabarnya bakal berkolaborasi dengan Subaru.

BZ sendiri dikabarkan adalah singkatan dari Beyond Zero yang merupakan semangat Toyota di dalam menghadirkan mobil tanpa emisi.

Pada tahap awal, SUV baru ini rencananya akan diproduksi di Jepang, dan akan diluncurkan di Jepang dan Eropa.

Toyota mengatakan, arsitektur yang diusung oleh mobil ini akan berbeda dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Platform e-TNGA memungkinkan dipasang dengan penggerak roda depan, belakang, atau keempat roda. Dan berbagai kapasitas baterai serta motor listrik.

Seperti yang diketahui, Toyota mendaftarkan beberapa merek dagang termasuk BZ4X dan BZ5X, yang merupakan model dengan penggerak empat roda.

Matt Harrison, Toyota Europe Executive Vice-President, mengatakan, jika harga yang diberikan untuk mobil listrik ini akan lebih mahal sedikit dibandingkan RAV4. Dia juga mengatakan bahwa, ukurannya mirip dengan RAV4. Jadi antara RAV4 yang sudah tersedia sebagai hybrid dan plug-in hybrid, produk ini sebagai opsi tanpa emisi. Kami sudah cukup lama membahasnya, pelanggan bisa memilih di antara dua kendaraan ini dalam portofolio kami.

 

Share:

Author: pangeranbertopeng