
Review Mobil – Taukah Anda tentang sasis mobil? Setiap mobil tentunya memiliki chasis atau biasa orang Indonesia menyebutnya sasis. Tak kalah dengan mesin, fungsi sasis ini sangat krusial bagi mobil.
Sasis berfungsi layaknya tulang belulang pada manusia sebagai penopang tubuh. Sasis juga bertugas untuk menopang beragam komponen yang ada pada mobil. Biasanya sasis terbuat dari besi atau baja yang telah didesain khusus.
Sasis terdiri dari berbagai komponen dalam mobil yang sebenarnya sudah Anda kenali sejak lama. Contohnya, seperti pegas dan transmisi. Kedua bagian tersebut, pastinya sudah diketahui oleh banyak orang dan sangat familiar.
Namun tak hanya kedua komponen tersebut saja, tetapi ada lagi komponen sasis lain yang sudah umum diketahui namun belum tahu bahwa komponen tersebut adalah bagian dari sasis.
Jenis Sasis Mobil
Sasis sendiri ada banyak jenisnya. Tiap-tiap jenis memiliki peran dan keunggulan masing-masing. Nah apa saja jenisnya? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari berbagai sumber.
Tubular Space Frame Chassis
Jenis sasis mobil pertama kali, yakni tubular space frame chassis. Sasis tubular memiliki bentuk menyerupai konstruksi kendaraan.
Umumnya, sasis ini dapat kita temukan pada semua jenis mobil balap. Terbuat dari material campuran besi balok.
Beberapa sasis tubular dibuat dari pipa yang dirakit menjadi satu. Sasis ini memiliki desain dan penambahan komponen yang mudah. Semua komponen sasis tubular harus tersusun dan saling berkaitan membentuk segitiga. Tak heran, jika perakitannya terbilang sulit.
Ladder Frame
Ladder frame merupakan sasis yang bentuknya seperti tangga. Terlepas dari bentuknya yang unik, sasis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai dasar dudukan komponen mesin mobil dan komponen lainnya. Sasis ini biasanya terbuat dari baja simetris dengan bentuk balok yang berada pada beberapa bagian tertentu. Bagian ini diperkuat dengan tambahan joint serta cross member. Sasis yang satu ini biasanya digunakan pada mobil SUV.
Tubular space frame
Tubular space frame adalah sasis yang merupakan pipa baja dirangkai dan dibentuk sehingga langsung membentuk mobil sesuai konstruksi. Soal kekuatan chasis model ini, tentu tergantung dari mutu serta kualitas sambungan las tiap sendiri.
Bisa dibilang, sadis ini merupakan yang terbaik dari sisi ketahanan beban berat, impact, dan perlindungan kekakuan torsional. Itulah mengapa tubular space frame banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil.
Backbone Chassis
Seperti namanya, jenis sasis mobil ini memiliki bentuk seperti tulang rangka utama tunggal. Pada bagian depan dan belakang mobil dapat saling terhubung, karena backbone chassis terletak di sepanjang bagian tengah mobil.
Nama lain dari sasis ini adalah sasis tunggal. Dibandingkan dengan jenis lainnya, backbone chassis memiliki banyak kekurangan.Seperti side impact yang buruk hingga biaya produksi tinggi. Sebab itulah, penggunaan backbone chassis sangat diperhitungkan.
Monocoque chassis
Monocoque chassis adalah jenis sasis yang dibuat menyatu dengan bodi mobil. Bagian terluar bodi mobil yang termasuk dari bagian sasis ini berfungsi sebagai kerangka yang mampu melindungi ruang kabin dari benturan.
Monocoque chassis terbuat dari lembaran baja komposit yang disatukan dan diperkuat sehingga dapat dibentuk menjadi kerangka bodi mobil.
Aluminium space frame
Aluminium space frame adalah sadis yang dibuat seperti monocoque tapi menggunakan bahan aluminium. Sebaliknya, monocoque chassis menggunakan lembaran plat baja.
Ada klaim yang menyatakan bahwa sasis ini lebih ringan dan lebih kaku 40% dibandingkan rangka monocoque.
Fungsi Sasis Mobil
Dibalik jenisnya yang bervariasi, sasis mobil memiliki fungsi penting. Tidak hanya sebagai penopang, tetapi juga menjaga bentuk mobil supaya tidak berubah-ubah.
Sasis membantu mobil mempertahankan model aslinya meskipun kita gunakan berulang kali. Fungsi lainnya, menjaga dan melindungi dari benturan.
Komponen Sasis Mobil
Sasis tersusun dari beberapa komponen. Setiap komponennya memiliki fungsi yang berbeda. Berikut komponen sasis pada mobil antara lain:
- Kopling
- Transmisi
- Poros propeller
- Universal joint
- Garden
- Rear axle
- Pegas dan shock absorber
- Stabilizer bar
- Sistem steering
- Sistem pengereman
- Roda dan ban
Sebagai kerangka internal mobil, sasis memiliki peranan yang sangat krusial. Untuk itulah, dalam perakitannya perlu teknologi canggih. Selain itu, butuh material bermutu tinggi, untuk menjaga fungsinya tetap baik.